Buka puasa bersama keluarga Cabean

Jauh sebelum puasa tiba, Mas Fatih, Mas Pras, mas-masnya Bening ini sudah bertanya, “Kapan buka puasa bersama akan diselenggarakan?”. Buka bersama keluarga memang acara yang di nanti. Acaranya sederhana, pada hari yang ditentukan, kadang-kadang juga dadakan kami kumpul sekeluarga besar di rumah Mbah di dukuh Cabean, Desa Sidorejo, Karangawen Demak. Biasanya kami membawa menu sendiri-sendiri dari rumah. Kemudian dibuat buka puasa bersama.

Tahun ini buka puasa bersama diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 April 2021. Bening dan Nawa di jemput Pakde Nur. Pagi hari kami sekeluarga sudah sampai di rumahnya Mbah. Alhamdulillah Mbah Kung dan Mbah Putri sehat semua. Mbah Putri sudah menyiapkan lauk, tunuman makanan kesukaan kami dan sayur jentut atau jantung pisang. Semakin dekat waktu berbuka maka makanan semakin terkumpul. Ada sate, gudeg, opor, dan masih banyak lagi. Selian es teh, minumnya juga ada es kelapa muda. Lengkap sudah acara buka puasa bersama sore itu, ada Mbah Din, Mbah Kri, Mbah Mas, Pak De Nur, Pakde Topik, Bulik Nia, dan banyak lagi. Ada yang kurang sih. Mas Fikri dan Mas Mufis masih mengaji di pondok pesantren.

Usai salat magrib Wida, Bening, Ais, Faza, Sani, Mbak Ida, Mbak April menyalakan kembang api di halaman rumah. Nawa yang tadinya nagis jadi diam melihatnya. Semoga puasa teman-teman semuanya juga menyenangkan. Selamat berpuasa, semoga puasa kita diterima oleh Allah.

0Shares
Dosen di Universitas PGRI Semarang. Penulis buku Soko Tatal dan kumpulan cerpen Di Atas Tumpukan Jerami. Penggiat di Simpul Gambang Syafaat Semarang dan Maiyah Kalijagan Demak.
Pos dibuat 119

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.